Rabu, 26 Juni 2013

Menganalisis Cerpen "Panggilan Rasul"


Menganalisis Unsur Cerpen “Panggilan Rasul” karya Hamzad Rangkuti
Sinopsis Cerpen Panggilan Rasul
Pada suatu hari, ada seorang ibu yang sedang bersedih melihat foto anak-anaknya di ruang tamu. Ia melihat foto kedua puteranya yang yang sudah meninggal. Suasana pada waktu itu sangat sepi, namun ketika subuh tiba diadakannya suatu acara. Dalam rumah itu, ada seorang anak laki-laki yaitu Lasuddin, anak yang akan disunat pada waktu itu.
Bapak dan ibunya khawatir pada Lasuddin, apabila nasib anak terakhir sekaligus anak tunggalnya meninggal pada waktu disunat. Kekhawatiran itu timbul karena kedua kakak Lasunddin yaitu Kamaruddin dan Syarifuddin meninggal setelah disunat.
Pada waktu itu gempar pula isu yang beredar di dalam kampung itu kalau kedua anak yang meninggal karena kelakuan bapak mereka yang kejam, keras dan tamak sebagai tuan tanah. Namun sebenarnya kematian mereka karena salah memotong bagian yang bisa mematikan dan fatal yang bisa membuat kematian, bukan karena gosip atau ramalan dari  dukun yang karena hal-hal yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Akhirnya Lasuddin disunat dengan lancar dan ia tidak meninggal seperti nasib kedua kakaknya yang sebenarnya bukan karena karma dari orang tuanya melainkan salah memotong daerah kemaluan yang bisa membuat meninggal orang yang sedang disunat. Adanya dokter yang ahli tentang kesehatan juga membantu spekulasi isu yang beredar di masyarakat tentang keluarga Lasuddin dan memberi pengertian bahwa segala sesuatu ada ilmunya.



A. Unsur Intrinsik
1.      Tokoh dan Penokohan
a.       Bapak : Penyayang, mudah percaya, mudah bimbang, terkenal kasar dan keras di masyarakat. Seorang tuan tanah di suatu desa, mempunyai anak yang bernama Lasuddin.
b.      Ibu : sabar, lembut, penyayang, beriman dan berpendirian teguh. Ibu adalah istri dari bapak dan ibu dari Lasuddin.
c.       Lasuddin : penurut dan pendiam.
d.      Paman : mudah percaya, baik hati, penyabar .
e.       Kamarrudin : Bandel, susah dinasehati.
f.       Syarifuddin : penurut, pemalu, pendiam.
g.      Dokter : cerdas, sabar, santun.
2.      Latar Cerita (Setting)
a.       Tempat : di kamar, di ruang tamu, di rumah Lasuddin.
b.      Waktu : Subuh
c.       Latar sosial : Kehidupan zaman dahulu sekitar tahun 1970an, masih mempercayai dukun dan petuah serta hal-hal khayal lainnya.
d.      Suasana : menyedihkan, mendebarkan dan mengharukan.
3.      Alur
Perkenalan ---àpermunculan konflik---à konflik---à tahap klimaks---à anti klimaks---à penyelesaian.
Alur cerita maju, kemudian ada alur mundur yaitu menceritakan masa lalu dan selanjutnya alur maju lagi.
4.      Sudut Pandang
Sudut pandang yaitu posisi pengarang dalam cerita, menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu.
5.      Gaya Bahasa
Gaya bahasa masih menggunakan bahasa formal, bahasa sehari-hari, bahasanya juga mendayu-dayu. Bahasa yang digunakan dalam cerita yaitu sederhana dan mudah dipahami.
6.      Tema
Sunatan
7.      Amanat
a.       Setiap anak laki-laki yang brragama yang belum disunat, diwajibkan untuk sunat sesuai dengan syariat islam.
b.      Janganlah mempercayai ramalan, dukun atau hal-hal yang menyekutukan allah, karena hal ini merusak keimanan seseorang dan bisa merugikan diri sendiri ataupun orang lain.
c.       Kesehatan bisa diteliti melalui ilmu kedokteran dan alat-alat yang canggih, namun kalau kesehatan seseorang diprediksi dengan hal-hal seperti mempercayai dukun atau ramalan itu salah dan termasuk orang yang tidak beriman dan mempercayai Allah.
B. Unsur Ekstrinsik
Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang membangun cerita dari luar.
Unsur eksrinsik meliputi :
a.       Latar belakang kehidupan pengarang  (biografi, pendidikan, pekerjaan)
b.      Unsur sosial dan budaya pad awaktu cerita dihasilkan
c.       Unsur agama atau religi.
Unsur ekstrinsik yang ada dalam cerpen “ Panggilan Rasul” antara lain
1.      Unsur agama
Walaupun masyarakat yang ada dalam cerita sudah mempunyai agama, yaitu agama islam, namun masih percaya dengan ramalan dan dukun yang ada. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kurangnya pengetahuan agama yang bisa melemahkan iman seseorang dan membuat seseorang menjadi salah paham, salah kesimpulan dan salah arah. Dalam agama islam laki-laki yang cukup umur untuk disunat, dianjurkan dalan syariat islam untuk disunat, ceriata ini menerapkan syariat agama dan unsur agama yang ada cukup kental.
2.      Unsur Pendidikan
Masyarakat sudah menjunjung tinggi pendidikan, terbukti dalam hal ini sudah ada orang yang berpendidikan yang bekerja sebagai dokter. Mereka dalam menyunat anak-anak mereka tidak lagi dengan dukun yang asal-asalan yang keahliannya diragukan dan bisa membahayakan pasien. Dokter menjadi alternatif yang palng diutamakan dan sebagai pilihan yang paling tepat karena ilmu dan keahliannya tidak diragukan, sehingga masyarakat sudah mulai kritis dan pintar dalam mengambil keputusan.
3.      Unsur Sosial
Dalam cerita ini unsur sosial sangat kental sekali, terbukti dengan disunatnya Lasuddin masyarakat sekitar langsung pedulin dan menjenguk pada waktu itu pula. Tidak lupa diceritakan pula kehidupan sosial dalm cerita ini dengan tokoh bapak yang sosialisasinya dalm masyarakat kuarng disukai dengan tinkah lakunya dalm begaul di msayarakat. Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa dalam bergaul dimasyarakat perlu adanya kontrol apabila berbuat sesuatu hal yang tidak layak dan menyimpang dalam masyarakat seperti tokoh bapak yang kasar dan keras dalam bergaul di masyarakat.
4.      Unsur Budaya
Pada zaman dahulu sebelum ada dokter, masyarakat mempercayai dukun sebagai orang yang dipercaya untuk menyunat anak-anak mereka. Namun hal ini dibarengi dengan mereka mempercayai ramalan dukun atau hal-hal konyol yang tak bisa dibuktikan kebenarannya. Budaya pada saat itu dalam cerita adalah sudah menjadi budaya apabila ada seserang yang disunat, masyarakat sekitar menjenguk. Dukun sebagai orang yang dipercaya hebat, dalam segala ucapannya dipercaya dan dijadikan sebagai patokan hidup.



1 komentar:

  1. http://taipannnewsss.blogspot.co.id/2018/04/6-zodiak-ini-dikenal-sebagai-pembohong.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus